Kamis, 24 Juni 2010

Penyergapan Teroris di Klaten, Terendus di Purworejo

Kepala Bidang Penerangan Umum Mabes Polri Kombes Marwoto Soeto mengatakan, pihaknya mendapat petunjuk mengenai aktivitas teroris di Klaten, Jawa Tengah, dari peristiwa penembakan dua polisi di Purworejo, Jawa Tengah.

Marwoto mengatakan, pihaknya lalu memburu pelaku penembakan yang dilakukan Pos Polisi Kentengrejo, Jalur Selatan, Kecamatan Purwodadi, Kabupaten Purworejo, Sabtu (10/4/2010). Dua anggota yang tewas yakni Bripka Wagino dan Briptu Iwan Eko Nugroho.

"Akhirnya ditemukan informasi ada di rumah Wagiman dan Mulyono. Ada orang-orang yang dicurigai apakah teroris atau pembunuhan polisi itu," jelas Marwoto di Mabes Polri, Kamis (24/6/2010).

Dikatakan Marwoto, pelaku penembakan kedua polisi itu yakni Yuli Karsono. Dia tewas tertembak saat akan ditangkap di rumah Wagiman. "Ditemukan KTP, dia anggota Pusdisihub TNI AD dengan pangkat Prada. Di dalam sakunya ditemukan kartu anggota itu setelah digeledah oleh anggota," jelasnya.

Seperti diberitakan, selain Yuli, tim Densus 88 Antiteror juga menangkap tiga terduga teroris yakni Abdulah Sonata, Sogir, dan Agus Mahmudi. Keempatnya akan dibawa ke Jakarta siang ini. Di lokasi, polisi menemukan tiga senjata api jenis revolver, 441 butir peluru, dan bahan peledak. [kmp/ris]

Tidak ada komentar: